Doa-Doa Perubahan

Kolom Lentera, Surabaya Post, Kamis (4/1/2012)

Ya Allah, terima kasih telah menggratiskan semua karunia ini: kehidupan, kesehatan, keamanan, kecukupan, ketenangan, kemerdekaan, kebaikan. Terima kasih telah memberi jatah matahari setiap pagi yang menghangatkan dan guyuran air hujan sebagai pendinginan. Terima kasih atas hadiah keluarga dan secuil surga bernama Indonesia.

Terima kasih Engkau masih sudi menyambung nafas kami, memberi kesempatan kami untuk belajar menjadi khalifah bumi yang baik, menaubati kesalahan yang kami lakukan.

Ya Allah, jadikanlah diri ini, keluarga, anak keturunan, kerabat dekat, masyarakat, bangsa dan pemimpin kami semua, pribadi-pribadi ahli memuji, ahli dzikir, ahli bertaubat, serta ahli syukur yang cerdas mengetahui dan bergegas membalas segala nikmat rejekiMU, sesamar apapun rejeki itu.

Janganlah Engkau jadikan kami semua, hamba yang kemaruk dunia sehingga dikuasai nafsu dan lupa mengingatMU, lupa akhiratMU, dan saling bertengkar karena jauh dari rahmat kasihMU.

Ya Allah Yang Maha Alim, Cerdaskan nalar iman kami dengan sifat pandai menangisi dosa sendiri, dan timbul kasih berdoa manakala melihat saudara sesama manusia terkena cobaan dosa.

Ya Allah, arahkanlah pandangan hidup kami, yang tepat dan serba guna di sisiMU utamanya dan di tengah masyarakat pada umumnya, di dunia sampai akhirat. Fokuskanlah target dan resolusi hari-hari baru kami untuk semata mengharap ridho ampunanMU.

Tanamkan di kesadaran hati kami, bahwa diantara rejeki halal yang kami nikmati dari pemberian baikMU itu, haruslah ada yang lebih banyak dikirim ke akhirat dengan cara dibagi kepada mereka kaum miskin papa.

Sadarkan kami, bahwa ridho ampunanMU adalah hadiah terbaik yang mesti kami cari diantara segala rejeki dan segala materi di dunia ini.

Ya Allah, kami percaya Indonesia adalah sepotong surga dari serpihan 1 % nikmatMU di dunia. Maka jadikanlah kami sebagai penghuninya, masyarakat yang bebas dari sifat maksiat, keluarga yang sadar akhirat, pribadi yang bersih dari marah, dendam, benci, dan pemimpin yang betradisi seideal Rasul, seadil Nabi.

Ya Allah, dengan kuasaMU, hidupkanlah kebaikan Rasulullah sebagai figur teladan pengendali hidup kami, Iqra’kan Al Quran dalam pikiran, ucapan, dan perbuatan kami sehari-hari. Persatukan dan rukunkan kami dalam meraih janji 99 % derajat di akhirat, bersama hamba-hamba terbaikMU.

Ya Allah, Engkau dzat yang berkuasa membolak-balik hati manusia, ubahlah haluan hidup dan glesik hati kami yang selama ini menjauhiMU, kini berbalik selalu ingin taat mendekat kepadaMU.

Tumbuhkan rasa cinta kami kepadaMU, kepada orang yang mencintaiMU, dan tunjukkanlah amalan yang bisa mengantarkan cinta kami kepadaMU. Jadikanlah cinta kami kepadaMU melebihi cinta kami kepada diri sendiri, kepada keluarga, dan kepada air yang menyegarkan.

Ya Allah, lindungilah kami manusia Indonesia dari segala tipuan kejahatan musuh ghaib syetan. Jauhkanlah kuasa gelapnya dari pribadi dan keluarga kami, sebagaimana Engkau menjauhkan jarak Timur dan Barat.

Ya Allah, dengan kalam kasihMU, hilangkanlah segala ramalan keburukan, prediksi kekacauan, analisa kejahatan, nubuat kebencanaan, dan terawangan kutukan dari negeri ini.

Kami mohon, gantilah semua praduga gelap itu menjadi terang harapan yang mengilhami kerukunan, merekatkan kekuatan, dan mempersatukan syukur potensi diantara kami, semua keluarga dan pemimpin Indonesia.
Ya Allah, turunkanlah kepada kami rahmat taubat dan semangat perubahan menuju kebaikan sebilangan air hujan, sebanyak pasir lautan, sebanyak jenis hijau dedaunan.

Melalui kun fayakun sabdaMU , kembalikan jati diri kami kepada fitrah manusia asli sebagaimana niat pertama Engkau lahirkan kami ke dunia. Ubahlah rantai DNA kami yang lama teraliri virus jahat ini, menjadi sumber kode-kode kemulyaan peradaban insan sebagaimana tujuan penciptaan yang Engkau maksudkan.

Ya Allah, pilihkanlah jalan perubahan yang kami ikhtiarkan, sebagai kehendak langit menuju Indonesia lebih bertauhid. Jika perubahan itu terjal sulit, maka kuatkan kaki kami, sabarkan tekad ini, ikatkan potensi kami.

Tolonglah kami dengan malaikatMU beserta tentara-tentara langitMU, agar terwujud kerukunan bangsa kami ini, dan keselamatan bisa kami temui sampai di akhirat nanti.

Dalam upaya perubahan baik itu, Ya Allah, jembarkanlah hati dan pikiran kami, suburkan semangat berkorban, budayakan kami dengan kesukarelawanan, panjangkan angan-angan masa depan keakhiratan, semaikan ketulusan mendahulukan kepentingan agama, bangsa, dan negara di hati kami, setiap pribadi-pribadi pertiwi.

Hapuslah sifat sombong dari hati kami, hilangkanlah keinginan berebutan kepemimpinan, jauhkan kami dari sifat tamak menikmati duniawi, dan bersihkanlah kami dari kebiasaan mendahulukan kepentingan pribadi dan atau golongan.

Ya Allah Yang Maha Penyembuh, jadikan otot kesehatan badan dan syaraf kesadaran iman kami ini bergerak selentur Myelin, menyiasati mustahil menjadi mungkin. Karena kami percaya, di balik kesulitan pasti ada kemudahan. Inna ma’al usri yusro.

Pecahkanlah katup zona kenyamanan yang menjebak kami dalam ruang jumud akut ini. Keluarkan kami dari tempurung tradisi yang selama ini membuat kami merasa selalu beramal baik-baik saja, tanpa pernah menginsafi dosa. Ya Allah, bebaskan kami dari belenggu nafsu yang membuat hati kami beku dan jiwa-jiwa kami serobot kaku.

Ya Allah, Yang Maha Pengasih, tuangilah jiwa-jiwa pribadi dan pemimpin kami dengan curahan air kasihMU, sehingga kami semua senantiasa berbahagia atas segala karunia, sehingga kami gemar berbagi dan ikhlas peduli, tanpa dikotori pamrih publikasi duniawi.

Dinginkan panas hati kami dengan air sungai rahmanMU. Tenggelamkan ambisi duniawi kami dengan luas lautan nikmat akhiratMU. Segarkan hari-hari kami dengan bibit kasih sayang, angin kabar kebaikan, tanaman kesabaran, pohon kebersyukuran, udara kerukunan, dan tunas perubahan menuju kudus ridho ampunanMU.

Ya Allah Yang Maha Pengampun, maafkan jika kami semua berlebihan dalam kata, tertawa, terlalu bergembira menyambut nikmat IndonesiaMU, sehingga lupa syukur kepadaMU, sering mengeluh apatis terhadap kuasa pertolonganMU, luput menyadari kehadiranMU menggenangi jagad ini.

Robbanaghfirlanaa dzunuubanaa wa isroofanaa fii amrinaa. Wa tsabbit aqdaamanaa fanshurnaa ‘alal qoumil jaahiliin.

Kami mohon, niat perubahan dan resolusi kebaikan yang kami mulai sejak detik ini, iringilah dengan bimbinganMU. Semangati kami dengan geliat masa depan akhirat sepanjang hayat dikandung jasad.

Ya Allah, dengan bersujud sambil menundukkan kerendahan hati, kami mohon catatlah, terimalah dan perkenankan doa ini.

Agar kami bangsa Indonesia bisa rukun kembali, mengelola negeri penuh potensi ini, bersama bimbinganMU, di bawah pimpinan pilihanMU, sepanjang waktu, hingga kami semua selamat dunia sampai akhirat.

Subhaana robbika robbil ‘izzati ‘amma yashifuun wa salaamun ‘alal mursaliin wal hamdu lilaahi robbil ‘aalaamin. Aamiin.

Tentang Gus Adhim

| gembala desa | santri pembelajar selamanya di SPMAA | hobi fotografi untuk aksi filantropi | enthusiast of ICT & military | gadget collector | pengguna & penganjur F/OSS | IkhwaanuLinux | writerpreneur | backpacker | guru bahasa & TIK | pekerja sosial profesional |
Pos ini dipublikasikan di AdhiMind. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s